Resume Singkat Sejarah Kelahiran HMI



Organisasi ini di sebut sebagai organisasi mahasiswa terbesar dan tertua di Indonesia yang mengalami fase-fase sejarah penting yang tidak bisa di pisahkan dari perkembangan sejarah bangsa Indonesia. Karena Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berdiri pada tanggal 5 Februari 1947, 2 tahun setelah deklarasi proklamasi kemerdekaan negara Indonesia oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945. Wajar jika HMI mendominasi atau mewarnai sejarah bangsa ini mengingat eksistensinya yang terus berkembang hingga saat ini.
Sebuah organisasi tidak lepas dari pendirinya, di cetuskan oleh Lafran Pane seorang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam saat itu (sekarang bernama Universitas Islam Indonesia) pada tanggal 5 Februari 1947 saat jam kuliah tafsir dari Bapak Husein yang di gunakan untuk kepentingan suatu rapat pembentukan organisasi mahasiswa yang di sebut Himpunan Mahasiswa Islam.
Dalam rapat tersebut Lafran Pane selaku pimpinan rapat menyatakan :
                         1.          Rapat hari ini adalah rapat pembentukan satu organisasi Islam dimana anggaran dasarnya sudah disiapkan
                         2.          Pada hari ini bukan lagi mempersoalkan perlu atau tidaknya mendirikan organisasi mahasiswa islam
                         3.          Di antara saudara-saudara boleh ada yang setuju dan boleh tidak setuju. Namun demikian, walaupun ada yang tidak setuju, pada hari ini organisasi mahasiswa islam ini  secara formal harus berdiri karena persiapannya sudah matang[1]
Selanjutnya ada banyak reaksi pro kontra terhadap lahirnya organisasi mahasiswa ini mengingat sebelum HMI muncul sudah berdiri terlebih dulu Persatuan Mahasiswa Yogyakarta. Tetapi seperti yang bisa ketahui faktanya HMI masih tetap exist sampai sekarang mewarnai sejarah peradaban bangsa.
Berikut fase-fase perkembangan Organisasi HMI :
a.      1947-1965 disebut fase pengokohan organisasi, mempertahankan keutuhan bangsa dan islam, perjuangan bersenjata, tantangan melawan PKI dll
b.     1966-1984, disebut fase kebangkitan, pelopor ORBA, modernisasi/ pembangunan, pembaharuan pemikiran islam
c.      1985-1997, saran dan kritik terhadap ORBA, + GOLKAR, koreksi dan pembangunan
d.     1998-dst, membangun Indonesia baru, mengawal proses reformasi[2]

Berdasarkan fase-fase tersebut walaupun secara singkat dapat diambil pemahaman bahwa HMI sudah berjuang dalam perjalanan sejarah peradaban Indonesia walaupun tidak bisa dipungkiri hal-hal yang berhubungan dengan konflik organisasi konflik, munculnya HMI MPO misalnya pada tahun 1985 karena penerapan asas tunggal.
Tetapi membahas perpecahan HMI dengan HMI MPO  seperti membuka aib organisasi sehingga kita harus kembali kepada bagaimana organisasi ini di dirikan pertama kali nya.
Adapun latar belakang lahirnya HM tersebut dapat diringkas sbb :
  1. Penjajahan Belanda dan Tuntutan kemerdekaan
  2. Kesenjangan dan Kejumudan serta kebutuhan pemahaman agama
  3. Munculnya polarisasi politik
  4. Kedudukan perguruan tinggi yang strategis
  5. Pluralitas bangsa
  6. Tuntutan modernisasi dan tantangan masa depan
Sebagai organisasi mahasiswa islam yang sudah berumur tua, HMI telah mengalami periodisasi pasang-surut dalam membangun sebuah organisasi kader sebagai upaya institusionalisasi perkaderan mahasiswa islam yang sistematis untuk mewujudkan organisasi modern. Dalam tahap pembangunan institusionalisasi yang berlangsung tersebut, HMI telah menjadi bagiann dari proses sosial yang diterima menjadi bagian dari struktur sosial masyarakat kita yang dengan alumniya mewarnai dalam berbagai lapisan sosial masyarakat baikdikampus, pemerintahan, artai politik, swasta dan lemabaga swadaya masyarakat.
Namun akhir-akhir ini kita melihat bagaimana HMI dipandang mengalami penurunan dalam dinamika intelektualnya. Namun jika kita sadar lebih awal dengan kondisi tersebut akan mungkin dapat berbalik jadi kebangkitan kembali, yaitu ketika kondisi-kondisi sosial diciptakan untuk menjadi kodisif bagi perkembangan HMI yang lebih adaptif dengan perubahan. Dan kita harus optimis dengan pandangan dan harapan akan adanya arus balik kebangkitann HMI.







[1] Agussalim Sitompul, Sejarah Perjuangan HMI; Himpunan Mahasiswa Islam (1947-1975), 2008, hal 13
[2] Basic Training Manual HMI Komisariat Trisakti Cabang Jakarta Timur, hal 14

Comments