Surat Kamerad Stalin kepada Guru Putranya ; Vasily

“aku sudah menerima suratmu tentang trik-trik Vasily, “ tulis Stalin kepada V.V. Martyshin. “ Aku akan menjawab nanti saja karena aku sedang sibuk. Vasily adalah seorang anak nakal dengan kemampuan rata-rata, kejam (sejenis orang Scythia), selalu tidak jujur, menggunakan pemerasan dengan “aturan-aturan” lemah, sering tidak sopan dengan orang yang lemah…Dia dimanjakan oleh patron-patron yang berbeda yang mengingatkan di setiap langkah bahwa dia adalah ‘putra Stalin’. Aku senang kau seorang guru yang baik yang memperlakukan Vasily seperti anak-anak lain yang menuntut dia mematuhi aturan sekolah….Jika Vasily tidak menghancurkan dirinya sendiri sampai sekarang, itu karena di negara kita ada guru-guru yang tidak memberikan pengampunan kepada anak seorang baron yang tak mudah dikendalikan ini. Saranku adalah : perlakukan Vasily LEBIH KETAT dan jangan takut terhadap ancaman-ancaman bunuh diri ini. Aku mendukungmu…”

Comments