Karl Marx A Brief History

Karl Marx lahir di kota Tier, Jerman Barat 5 Mei 1818, dari keluarga yahudi. Ayahnya seorang advokat dan beragama protestan, oleh karena itu Marx juga dimandikan dalam gereja protestan. Pada tahun 1835 dia pergi ke Born sebagai mahasiswa di bidang hokum, kemudian pindah ke Berlin untuk belajar kesustraan, Sejarah dan filsafat. Selama di Berlin ia berhubungan dengan kaum Hegelian kiri.

Pada tahun 1842, Marx memperoleh gelar doctor di universitas Jena. Kemudian menjadi wartawan di Jerman Barat Daya, yaitu direktur surat kabar radikal rheinischeZeitung yang setahun kemudian di larang oleh pemerintah. Pada tahun 1843, Marx pindah ke Paris. Di Paris ia menjadi redaktur German French Yearbook, di kota ini dia bertemu F. Engels yang selanjutnya menjadi sahabat karibnya.

Pada Tahun 1845, marx diusir dari paris. Kemudian pergi ke Brussel, kembali lagi ke Jerman, tetapi ia pergi ke London. Di London, Marx menghabiskan waktunya belajar dan menulis tentang filsafat, ekonomi politik dan revolusi, disamping itu ia juga terlibat aktif dalam gerakan buruh. Marx hidup dalam keadaan yang menyedihkan tetapi selalau ditolong oleh Engels yang tetap menjadi sahabatnya sampai akhir hayatnya. Dari Engels, ia belajar betapa pentingnya peranan factor-faktor ekonomi dalam perkembangan masyarakat, sehingga marx mulai menulis sendiri teori-teori ekonominya.


Marx dan Engels , baik sendiri maupun bersama telah menerbitkan karya ilmiah. Keseluruhan karya mereka meliputi 40 jilid. Karyanya yang terkenal ialah the communist-manifesto, The german Ideology, a critique a Hegel Philoshopy of law, Economic and Philosphy manuscript. Pada tahun 1867, terbitlah das Kapital jilid I, sebagai karya utama Marx, sedang jilid II dan III diterbitkan oleh Engels setelah Marx meninggal dunia. Marx meninggal dunia pada tahun 1883. 

Comments